11 Hal yg Perlu diketahui tentang Ball Python (Python Regius)

June 13, 2009 at 7:35 am (Reptile)

Bagi kalian yang ingin memelihara ular jenis Ball Python ada baiknya memahami tentang Ball Python itu sendiri. Pada post ini, saya akan menjelaskan 11 hal yang perlu diketahui tentang Ball Python.

  1. Ball Python tidaklah terlalu besar
    Ball python Dewasa berukuran antar 130cm – 180cm, apabila di alam liar umunya ukuran ball python dewasa hanya berkisar 140cm sangatlah jarang menemukan ball python di alam liar yg mempunyai ukuran lebih besar dari 140cm. sebagai hewan peliharaan manusia ball pyhon mengalami pertumbuhan sekitar 35cm tiap tahun di awal tiga tahun pertama, setelah 3 tahun pertumbuhan menurun bahkan berhenti.
  2. Ball Python mempunyai umur yg relatif lama
    Umur ballpyhon relatif lama, mereka bisa hidup sekitar 20 tahun tetapi jika bemar2 dirawat dengan baik mereka bisa hidup sampai 30 tahun, sudah ada yang mengkalim kalo mempunyai ballpython berumur 35 tahun, soal benar ato salah, mari qt buktikan sendiri dengan merawat ballpython yg kita koleksi sebaik mungkin. maka siap2lah untuk ditemani ball python dalam waktu yang lama!
  3. Kandang untuk Ball python tidaklah rumit
    Kandang untuk ball python tidaklah terlalu rumit, kotak kontainer dengan lubang ventilasi sudah cukup nyaman untuk ball python, tetapi harus disesuaikan antara ukuran ballpython dan volume container! Volume 40 Galon (97x46x40cm) adalah ukuran yg ideal untuk Ballpython dewasa untuk ukuran yg baby, setengah dari ukuran container BallPython dewasa sudah ideal. Tetapi jangan lupa untuk mengecek tutup kandang ballpython karen aballpython termasuk ular yang pandai melarikan diri.
  4. Sediakan Hiding Box (tempat tuk sembunyi)
    Selalu sediakan Hiding Box untuk Ballpython terlebih lagi apabila Ballpythonnya masih kecil, hal ini agar ballpython merasa aman dan terlindungi sehingga Ballpython tidak mudah stress, dan jika ball python tidak stress maka nafsu makan akan tetap lancar so artinya secara tidak langsung Hiding box membantu dalam menjaga nafsu makan Ballpython
  5. Substrat
    Koran bekas sudah merupakan substrat yg bagus untuk Ballpython, Hal ini dikarenakan Koran sangat praktis dan mudah terlihat bersih dan tidaknya koran ygt kita pakai sebagai subtrat. apabila Ballpython sudah dewasa idealnya bs menggunakan cypress bark karena sangat menyerap terhadap cairan dan bisa juga menjaga kelembaban kandang Ballpython. Substrat yg harus kita hindari untuk ball python: cedar (karena getahnya mengandung racun), pine dan aspen (karena dapat menggangu pernapasan Ballpython)
  6. Perhatikan Temperature kandang
    Suhu ideal untuk kandang Ballpython adalah
    Siang hari 27-32 derajat Celcius
    Malam hari 22-28 derajat celsius
    Tidak ada salahnya untuk menyediakan thermometer di dalam kandang ballpython karena akan sangat memudahkan kita dalam memantau suhu kandang Ballpython.
  7. Pencahayaan
    Seperti kebanyakan reptil2 lainnya ballpyhon juga memerlukan sinar UVB, untuk memenuhi kebutuhan terhadap sinar UVB kita bisa menyediakan lampu Bohlam UVB..tapi kita bisa juga menjemur Ballpyhon antara pukul 7-11pagi 15 menit dirasa sudah cukup lama untuk menjemur ballpython, matahari merupakan sumber sinar UVB yg paling bagus, tapi jangan lupa untuk mengawasi selama Ballpython dijemur, karena kalo terlalu lama bisa2 Ballpyhon K.O. saat dijemur bila ballpython sudah terlihat gelisah, segera saja diteduhkan.
  8. Kelembaban Kandang Ball Python
    Ballpython memerlukan kelembaban kandang 50-65%, beli Hygrometer apabila ingin memantau kelembaban kandang Ballpython dengan mudah! Bisa juga diakali dengan menyediakan tembat minum yg relatif besar untuk menjaga kelembaban kandang
  9. Menu Makan Ball Python
    Menu makan ball python adalah tikus putih (bisa besar ato kecil) menyesuaikan ukuran Ballpython yg akan diberi makan, kalo bisa diajarkan makan tikus yg baru saja mati..hal ini untuk menghindari terjadinya perlawanan dari tikus yang akan dimakan yg memungkinkan melukai ballpyhon tersebut.
  10. Jadwal Makan
    Managemen waktu makan, usahakan untuk memberi makan dengan interval waktu yg sama, misal 1 minggu sekali, 3 hari sekali, ato 5 hari sekali hal ini agar nafsu makan ballpython tetap terjaga
    Managemen Porsi makan, dalam memebri porsi makan untuk ballpython diusahakan 75% dari kemampuan maksimal dia makan, contoh: ballpython yg berdasarkan ukurannya sudah mampu makan 4 ekor Tiput kecil, cukup diberi makan 3 ekor tiput kecil, hal ini juga untuk menjaga nafsu makan dari ballpython sehingga kita bs menghindari yang namanya mogok makan!
  11. Air
    Air Bersih harus selalu tersedia di dalam kandang, karena selain sebagai air minum, air juga sebagai tempat berendam ballpython disaat suhu dirasa tinggi dan juga untuk menjaga kelembaban kandang, jadi kalo bisa sediakan wadah air yg cukup untuk dipake ball python berendam. usahakan mengganti setiap hari air di kandang ball python dengan yang baru.

sumber : klik di sini

Collection :

Sumber : klik di sini

About these ads

4 Comments

  1. deetya said,

    mmm, gtw msti comment apa!?!?!? biz gw ga ngerti tentang ular..
    oya, phutu ular lw upload dnkz!!

  2. Sonny said,

    Terimakasih..mudah2an bs membantu Ball Python sy yg lg mogok makan..thx
    Oya klo bs tread jg mengatasi mogok mkn BP..thx

  3. Gelar Moch Ramadhan said,

    good info

  4. dim24 said,

    tergntung,itu trmsuk ular jenis apa,kalau ular jenis morelia viridis a.k.a ular yg dominan di pohon bisa.tapi klo ular darat sbaikny tiput atau cicak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: