BAGIAN PENTING DALAM ORGANISASI

October 19, 2009 at 7:25 pm (Tugas)

Kemajuan-kemajuan di bidang teknologi dan sosial budaya sekarang ini mendorong perkembangan berbagai aspek kehidupan manusia diantaranya dalam berkumpul dan hidup berkelompok. Sebagai suatu bentuk kumpulan manusia dengan  ketertarikan tertentu atau aturan-aturan tertentu, maka organisasi telah pula berkembang dalam berbagai aspek termasuk ukuran dan kompleksitas.

Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Suatu Organisasi dapat dikatakan berhasil dan mengalami kemajuan apabila telah memenuhi aspek-aspek yang telah menjadi dasar dalam suatu organisasi. Setiap aspek atau bagian-bagian tersebut saling berhubungan dan saling melengkapi oleh karena itu setiap bagian memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan suatu organisasi yang baik. Berikut ini adalah bagian-bagian yang menunjang suatu organisasi :

  • Nilai dan Visi

Nilai & Visi merupakan dasar utama dari terbentuknya suatu organisasi. Nilai berfungsi sebagai pedoman prinsip-prinsip dalam kehidupan atau entitas lainnya yang memiliki tujuan untuk mengarahkan organisasi menjadi lebih baik. Sedangkan visi merupakan gambaran atau cita-cita yang ingin dicapai dimasa yang akan datang dan dengan adanya visi, suatu organisasi akan memiliki pemikiran untuk terus berkembang. Sehingga suatu organisasi harus memiliki tujuan yang jelas dan memiliki pemikiran yang terus berkembang sesuai dengan cita-cita. Tanpa memiliki Nilai dan Visi maka suatu organisasi dikatakan rusak.

  • Misi

Jika suatu organisasi tidak memiliki misi, maka organisasi tersebut akan mengalami kebingungan. Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi.

  • Aturan

Dalam menjalankan organisasi diperlukan sebuah aturan yang berfungsi sebagai alat pengendali agar kinerja pada organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Jika aturan dalam suatu organisasi tidak berjalan baik maka akan terjadi konflik kepentingan baik antar individu maupun antar organisasi.

  • Profesionalisme

Profesionalisme sangatlah penting dalam menjalankan suatu Organisasi agar dapat sesuai dengan rencana dan profesionalisme dapat menentukan kredibilitas dari suatu organisasi. Tanpa adanya profesionalisme, suatu organisasi akan mengalami keresahan.

  • Insentif

Insentif adalah suatu penghargaan dalam bentuk material atau non material yang diberikan oleh pihak pimpinan organisasi perusahaan kepada karyawan agar mereka bekerja dengan motivasi yang tinggi dan berprestasi dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan atau organisasi. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas karyawan dan mempertahankan karyawan yang berprestasi agar tetap berada dalam perusahaan dan sebagai dorongan untuk tetap bekerja dengan baik.

  • Sumber Daya

Sumber Daya memiliki peranan terpenting dalam suatu organisasi, karena baik sumber daya manusia dan sumber daya modal merupakan penggerak utama dari suatu organisasi. Suatu organisasi akan mengalami frustasi bila tidak terdapat sumber daya yang baik.

  • Rencana Kerja

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih efisien diperlukan suatu rencana kerja yang terprogram, karena rencana kerja seperti itulah yang dilaksanakan oleh Sumber Daya Manusianya untuk dapat mencapai tujuan-tujuan pada Organisasi dan tidak salah langkah. Rencana Kerja ini sangat penting untuk mencapai target suatu Misi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: