HUBUNGAN ORGANISASI dan METODE dalam DUNIA USAHA

October 20, 2009 at 5:09 pm (Tugas)

Kemajuan zaman di berbagai bidang sekarang ini telah mendorong masyarakat untuk semakin kreatif. Sebagai contoh kekreatifan di bidang usaha atau niaga, kekreatifan tersebut telah melahirkan berbagai macam usaha seperti cafe, warnet, arena bermain futsal, dan lain-lain yang di desain secara apik agar dapat menarik para pelanggan dan pelanggan dapat merasa nyaman. Namun sebuah usaha tidak akan berjalan baik jika tidak disertai oleh metode organisasi yang baik. Dan pada penulisan ini saya akan menjelaskan betapa pentingya organisasi dan metode dalam dunia usaha.

Sesuai dengan proposal yang telah kelompok saya tulis, yaitu proposal berupa usaha BEP (Browse, Eat, and Play) memiliki latar belakang, nama usaha, status usaha, visi misi, teknik operasional, struktur organisasi, dan rencana kerja yang merupakan sebuah metode organisasi yang saling berhubungan dan bertujuan untuk mencapai suatu hasil yang memuaskan dan lebih efisien, dengan kata lain baik dari sumber daya dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Agar sebuah usaha atau organisasi dapat berjalan sesuai rencana maka diperlukan sebuah struktur organisasi dan pada proposal ini terdapat struktur organisasi berupa:

    struktur

Pada struktur organisasi tersebut terdapat banyak sumber daya manusia yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dan hasil yang maksimal. Dan disebutkan bahwa tingkat pertama di tempati oleh investor. Investor merupakan pemegang dana yang menanamkan modalnya untuk membangun usaha ini. Peran investor sangatlah penting untuk mendanai usaha ini.

Selanjutnya, pada tingkat kedua di tempati oleh seorang manager. Namun dalam sebuah organisasi, manager menempati tingkatan paling atas karena manager merupakan orang yang memiliki wewenang unruk memimpin dan memanajemen usaha tersebut baik secara langsung atau tidak. Seorang manager memiliki kegiatan sebagai beirkut :

· Planning (perencanaan)

Merupakan proses kegiatan pemikiran, dugaan, dan penentuan prioritas-prioritas secara rasional sebelum melakukan tindakan sebenarnya.

· Organizing (pengorganisasian)

Merupakan proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara tepat.

· Motivating (pendorongan)

Merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan untuk membina dan mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai.

· Controlling (pengendalian)

Merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan, dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan.

Dan kegiatan seorang manager tersebut dapat bekerja secara baik apabila di dukung oleh sumber-sumber manajemen yang tepat. Sumber-sumber manajemen itu diantaranya:

1) Manusia dan tenaga kerja (Manpower)

2) Uang atau dana (Money)

3) Bahan-bahan atau material (Materials)

4) Mesin dan peralatan (machines dan equipment)

5) Tata kerja (Methods)

6) Pasar (Market)

Pada tingkatan selanjutnya adalah supervisor. Supervisor merupakan bawahan langsung dari seorang manager karena supervisor menerima perintah langsung dari manager dan selanjutnya akan disampaikan kepada bawahan supervisor atau low level, sehingga supervisor biasa disebut dengan middle level.

Dari seluruh penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa organisasi dan metode memiliki peranan penting dalam sebuah manajemen di bidang niaga atau usaha agar dapat berjalan sesuai dengan rencana. Sehingga suatu manajemen dan organisasi saling terkait karena untuk mencapai suatu tujuan perlu dibentuknya suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional yang dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan. Jadi dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan.

Selain itu, untuk mencapai suatu tujuan diperlukan sebuah tata kerja atau metode dalam pengerjaannya agar proses kegiatan itu dapat dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: