PENGARUH PERKEMBANGAN TELEVISI

October 29, 2009 at 3:59 am (Tugas)

tipiDi jaman berkembang saat ini, kemajuan dibidang teknologi sangat berkembang pesat. Hal tersebut dipicu oleh semakin banyaknya para pengguna teknologi di muka bumi ini. Teknologi yang berkembang pesat saat ini misalnya pada alat elektronik, yaitu televisi. Televisi bukanlah barang langka dan hanya kalangan tertentu yang sanggup memilikinya. Saat ini televisi telah menjangkau lebih dari 90 persen penduduk di negara berkembang termasuk Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia, televisi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, bagaimana tidak, siaran-siaran televisi yang ditayangkan akan memanjakan orang-orang pada saat luang seperti saat liburan dan sebagai hiburan dari kepenatan setelah bekerja. Acara televisi yang variatif dan menarik membuat orang terpengaruh untuk meluangkan waktunya duduk di depan televisi. Namun dibalik itu semua dengan dan tanpa disadari televisi telah memberikan banyak pengaruh positif dan negatif dalam kehidupan manusia baik anak-anak maupun orang dewasa.

Sisi positif yang terdapat pada media televisi bagi kita ialah televisi hadir sebagai sarana untuk memperlancar hubungan dan komunikasi antar manusia. Banyak perubahan dan kemajuan yang terjadi pada masyarakat abad kedua puluh dengan datangnya media masa televisi. Selain itu televisi mampu menghibur kita dari berbagai macam kepenatan dengan acara-acara yang disajikan sehingga televisi merupakan salah satu sarana hiburan sangat dibutuhkan semua orang.. Pada dasarnya fungsi televisi adalah memberikan hiburan yang sehat serta pengetahuan kepada pemirsanya. Hiburan-hiburan yang sehat yang ditayangkan di televisi seperti musik, film, infotainment dan lain-lain sangat bermanfaat unutk mencairkan kejenuhan setelah sehari bekerja keras. Hal itu membuat pikiran kita kembali segar dan melupakan sejenak kelelahan sepanjang hari.

Sisi positif lainya ialah televisi sebagai pemberi informasi, pengetahuan & pendidikan. Televisi mampu menyebarkan berita dan gagasan dari seluruh dunia lebih cepat, sehingga kita bisa memperoleh kesempatan untuk memperoleh informasi yang lebih baik tentang apa yang terjadi di dunia. Berita-berita aktual bisa langsung disebarkan ke berbagai pelosok dunia secara langsung. Gempa bumi, penyakit menular, kriminalitas, peristiwa olah-raga terkini yang terjadi di belahan bumi bisa disaksikan bersama-sama oleh berjuta-juta orang. Dengan menonton tayangan televisi akan bisa menambah wawasan kita. Industri pertelevisian di negara kita sebenarnya banyak menayangkan informasi-informasi yang akurat tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Di balik keunggulan yang telah dipaparkan sebelumnya, televisi berpotensi besar memberikan dampak negatif di tengah berbagai lapisan masyarakat, khususnya anak-anak, karena televisi memainkan peran yang terbesar dalam menyajikan informasi yang tidak layak dan terlalu dini bagi anak-anak. Memang terdapat usaha untuk menggerakkan para orangtua agar mengarahkan anak-anak mereka supaya menonton program atau acara yang dikhususkan untuk mereka saja, namun pada prakteknya, sedikit sekali orangtua yang memperhatikan ini. Hal yang sangat dikhawatirkan dari kalangan orang tua ialah anak-anak yang belum mampu membedakan mana yang baik dan buruk serta mana yang pantas dan tidak pantas, karena media televisi mempunyai daya tiru yang sangat kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Televisi, selain selalu tersedia dan amat mudah diakses, juga menyuguhkan banyak sekali pilihan, ada sederet acara dari tiap stasiun televisi, tinggal bagaimana pemirsa memilih acara yang dibutuhkan, disukai dan sesuai dengan selera, sehingga tidak dapat dipungkiri kalangan anak-anak dan dewasa telah teracuni oleh media televisi.

Banyak tayangan televisi saat ini yang sudah kehilangan fungsi. Yang seharusnya memberikan hiburan untuk membangun ahklak malah melukai pemirsa baik kalangan anak-anak maupun dewasa. Yang seharusnya televisi itu dibuat dan dirancang sebagai pendukung moral namun pada kenyataannya tidak demikian yang terjadi. Hal tersebut dikarenakan baik dari produser atau pihak stasiun televisi hanya memikirkan untuk mendapatkan rating tertinggi dari masyarakat. Banyak acara televisi yang sama sekali tidak menghargai kehidupan bermasyarakat dan beragama. Mengajarkan orang bagaimana berbuat licik, jahat, membunuh, seni berbohong. Tayangan-tayangan yang berbau kekerasan, seksual, banyak mempengaruhi jalan pikiran pemirsa yang akibatnya adalah mereka menganggap hal itu sebagai sesuatu yang normal untuk dilakukan.

Banyak hal yang dapat dilakukan dalam mengatasi hal-hal negatif yang diakibatkan oleh media televisi. Kita sebaiknya menyeleksi program televisi mana yang benar-benar cocok untuk kita dan terutama anak-anak. Tidak semua tayangan di televisi itu buruk tetapi ada beberapa acara yang baik untuk ditonton dan berkualitas. Dalam hal ini kita lebih baik melihat acara apa yang direkomendasikan oleh stasiun televisi. Biasanya stasiun televisi saat ini telah mencantumkan tanda atau simbol yang berfungsi memberi tahu kita bahwa acara tersebut layak dilihat oleh kalangan dewasa saja atau untuk semua umur.

Bagi para orang tua, dampingi anak-anak pada saat menyaksikan acara televisi dan upayakan dialog atau diskusi mengenai tayangan yang ditonton termasuk juga iklan-iklannya karena anak-anak lebih bersifat pasif dalam berinteraksi dengan televisi, bahkan seringkali mereka terhanyut dalam dramatisasi terhadap tayangan yang ada di televisi. Disatu sisi televisi menjadi sarana sebagai media informasi, hiburan bahkan bisa sebagai kemajuan kehidupan, namun disisi lain TV dapat menularkan efek yang buruk bagi sikap, pola pikir, perilaku anak.

1 Comment

  1. rachmat said,

    izin ngutip ya untuk referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: