Mencicipi Si Laptop Bongsor Asus NX90

January 11, 2011 at 5:54 am (News)

Jakarta – Asus telah merilis sebuah notebook dengan dimensi cukup besar. Produk ini juga memiliki desain, serta fitur yang diklaim membuatnya layak disebut sebagai komputer jinjing multimedia terbaik dengan desain unik.

Penampilan yang Serba Waahh..

Asus NX90 memiliki tampilan yang serba wah. Mulai dari ukurannya, desain, hingga bahan yang digunakan membuat setiap orang yang melihatnya begitu penasaran dengan notebook ini. Ketika dibuka, wow.. layarnya widescreen dengan rasio 16:9 berukuran 18,8 inchi ini, dikepung dua buah speaker besar. Oke, sekarang mari kita ulas satu persatu ‘anggota tubuh’ produk ini.

Dari luar, tampilan NX90 memang cukup unik karena didominasi oleh bahan almunium yang berkilau. Asus sendiri mengklaim bahwa produk ini adalah satu-satunya notebook yang menggunakan bahan seperti yang telah disebutkan di atas.

Selain berbahan almunium dengan krom, yang membedakan produk ini dengan kebanyakan notebook lain adalah penempatan touchpad  hingga 2 buah. Ya, Asus NX90 memiliki satu buah touchpad di sebelah kanan dan satu lagi di sebelah kiri dengan ukuran yang sama. Entah apa kegunaan touchpad kedua pada produk ini.

Meski berbalut almunium, namun NX90 tidak terasa panas meski digunakan seharian. Hebatnya lagi, kipas pendingin pun hampir tidak terdengar. Sunyi, namun sangat efektif mengusir panas.

Asus merancang keyboard NX90 dengan cukup jeli. Tampilannya begitu selaras, serta dilengkapi beberapa tombol tambahan seperti volume, pengatur tingkat kecerahan layar, tombol power, dan tombol untuk mengeluarkan kepingan DVD/Blu-Ray.

Hal unik lainnya adalah, penempatan dua sisi speaker yang berada pada tepian layar. Jelas sekali Asus coba menonjolkan kualitas audio NX90. Apa lagi ada embel-embel Audio by Bang & Olufsen ICEpower pada bagian sudut kiri atas.

ICEpower sendiri merupakan penyedia amplifier yang fokus pada musik akustik. Kerjasama Asus dengan Bang & Olufsen ICEpower menciptakan sebuah standar audio baru di ranah notebook yang bernama SonicMaster technology, yang konon sangat merdu untuk mendengarkan lagi bernuansa klasik, orkestra, dan pastinya akustik.

Performa Audio dan Video

Setelah cukup puas dengan dengan tampilannya, kini saatnya menguji performa Asus NX 90. Produk ini memiliki spesifikasi yang tergolong mewah, misal Intel Core i7 720QM, memory DDR3 6GB dan kartu grafis Nvidia GeForce GT 335M.

Menjalankan film High Definition (HD) pastinya bukan masalah besar bagi produk ini, begitu pun ketika digunakan untuk olah gambar dan video. Asus NX 90 mampu melakukannya dengan sangat mudah tanpa ada masalah. Lantas bagaimana dengan game?

Untuk menguji seberapa jauh kemampuannya, detikINET memainkan beberapa game seperti CoD Black Ops dan Spider-Man: Shattered Dimensions. Khusus untuk Black Ops, tampaknya Asus NX90 tampaknya cukup kewalahan untuk memainkannya, sedangkan  Shattered Dimensions dapat dilahapnya dengan mudah meski di resolusi tinggi sekali pun.

Lalu bagaimana dengan performa audio yang dibanggakan? Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa ICEpower jagonya mengolah musik akustik, begitu pun dengan kemampuan Asus NX90. Ketika digunakan untuk memutar lagi klasik, orksestra, atau klasik kualitasnya begitu menakjubkan.

Suara yang keluar terdengar sangat detail, dengan kedalaman yang cukup baik. Ditambah lagi keluaran stereo yang begitu presisi, bisa membawa penggunanya seakan tengah berada di dalam acara konser.

Namun berbanding terbalik jika untuk mendengarkan musik Jazz, atau ajeb-ajeb yang banyak didominasi oleh suara bass. Reproduksi nada rendah pada notebook ini sangat buruk, terdengar cempreng dan kurang bertenaga. Namun cukup dimaklumi mengingat Asus NX90 memang tidak rancang untuk jenis musik tersebut.

Urusan film, keluaran suaranya terdengar cukup baik. Terutama pada bagian percakapan, dan dibeberapa adegan lainnya. Meski demikian, tidak dipungkiri jika efek ledakan terdengar serta suara lain dengan nada rendah terasa kurang enak didengar. Sedikit mengecewakan, mengingat produk sudah memiliki spesifikasi yang luar biasa.

Kesimpulannya, sebagai laptop multimedia performa Asus NX 90 memang sedikit mengecewakan. Selain keluaran suara yang kurang enak di dengar untuk film, layar yang digunakan pun terlihat mudah memantul gambar. Terlebih lagi produk ini juga memiliki contrast rasio sebesar 288:1, hampir 3 kali lipat lebih kecil dari kebanyakan LCD yang beredar.

Namun di balik itu, spesifikasi yang ditawarkan memang tergolong mewah dan mampu menangani aplikasi terberat sekali pun dengan mudah. Dan yang tidak bisa dipungkiri adalah, kualitas audio (akustik) yang begitu memposona. Tertarik memilikinya? Penguna harus terlebih dulu merogoh kocek  cukup dalam. Karena Asus NX90 dibanderol USD 2.609 atau sekitar Rp 23 Juta-an.

Kelebihan:
+ Spesifikasi kelas atas
+ Suara akustik mantab
+ Penampilan unik

Kekurangan:
– Harga mahal
– Kualitas layar kurang baik
– Berat Spesifikasi:

* Prosesor: Intel Core i7-720QM 1,6Ghz
* RAM: 6 GB
* Kartu grafis: NVIDIA GeForce GT 335M
* Layar: 18,4 inchi, 1920 X 1080 pixel
* Hardsik: 2 X 640GB
* Dimensi: 530 x 275 x 43 mm
* Bobot: 4,4 Kg

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: